Post Top Ad

11.00

Pengalaman umroh saat hamil 7 bulan #Hijrah bersama Aishaderm (part 1)

by , in

Assalamualaikum semuanya~
Buat sebagian pembaca blog ini, pasti tahu kalau tahun kemarin aku memenangkan hadiah berupa perjalanan Umroh dari Aishaderm. Rasanya masih kayak mimpi bisa berkunjung ke rumahNya dan kebetulan bisa membawa calon dede di perut dan suami.

"emang hamil bisa ikut umroh?"

Nah ini pasti jadi pertanyaan banyak orang, kok hamil bisa umroh? padahal persyaratan utama untuk bisa mengunjungi negara Arab adalah sudah suntik meningitis. Mungkin ini yang disebut namanya jalan Allah karena kita sendiri gak pernah tau nasib seseorang itu seperti apa. 

Kalau dilihat timelinenya, aku mengikuti acara Final Aishaderm di Yogyakarta adalah bulan mei 2018. Nah semenjak diumumkan menjadi pemenang, pihak mereka baru memberi kepastian hadiah di bulan November 2018. Karena waktu itu belum ada kepastian soal kapan dan bagaimana proses keberangkatan, suamiku berinsitif menyuruhku untuk suntik meningitis dulu di Kantor Kesehatan Pelabuhan Bandung Wilayah Indramayu. Karena memang syarat untuk suntik meningitis adalah tidak pada saat hamil. Aku sendiri suntik meningitis akhir bulan Juni 2018, bahkan waktu itu aku sempat minta testpack yang disediakan disana (dan testpack tersebut yang menjadi testpack pertama saat mengetes kalau aku positif hamil)

Gak disangka-sangka, pas 2 bulan setelah suntik meningitis, aku dinyatakan hamil! Padahal, aku dan suami sudah menikah sejak November 2015 dan sampai saat suntik meningitis itu aku belum diberi momongan. Sempat was-was juga karena takut ada efek habis suntik menigitis, alhamdullilah kata dokter kandunganku aman-aman saja. Menurutku itu jadi salah satu tanda keajaiban yang diberikan oleh Allah.

Dengan berbagai pertimbangan dan tentunya kesiapan, aku berpikir akan umroh ketika sudah lahiran saja dan dede sudah siap ditinggal pergi lama, yahh kira-kira usia 5 bulan. Nah, saat itu aku memnag tidak cerita ke mertuaku kalau hadiah umrohnya sudah siap sejak bulan november karena pertimbangan mertua sedang sibuk-sibuknya. Aku inget banget saat malam tahun baru dan keluarga mertua kumpul dirumahku,  mertua bertanya, jadi kapan berangkat umroh? Aku jawab nanti habis lahiran saja. Beliau yang kebetulan pelatih KBIH juga tiba-tiba nyeletuk "kenapa gak sekarang aja?, kan syarat sudah lengkap, kandungan juga aman sudah masuk semester dua, sudah boleh terbang". Di situ aku langsung galau, karena kondisi lagi hamil muda, apalagi suami juga gak kepikiran untuk nemenin karena terkendala biaya. Aku sendiri was-was apabila berangkat sendiri, mengingat ini pengalaman pertamaku naik pesawat, keluar negri, jauh pula.

Aku pun  waktu itu ngotot, kalau berangkat sekarang tolong lah ditemenin. Aku takut berangkat sendiri. Suami pun ikutan pusing karena mikir biaya darimana, apalagi dadakan banget. Saat itu juga suami mulai berpikir mencari hutangan, salah satunya ke agen leasing dll. Dan tiba-tiba saja suami berpikir untuk menghubungi bapak kandungku. Padahal hubunganku dengan bapak memang kurang baik, karena memang sudah berpisah dengan ibuku cukup lama kira-kira 7 tahun dan beliau sudah punya keluarga sendiri. Suamiku ingat karena beberapa bulan sebelumnya bapakku umroh dan beliau bilang nanti akan bantu kalau aku mau umroh juga. Disitulah suamiku cerita lewat telpon dan bilang semua keluh-kesah dan jawabnya "yaudah mau berangkat kapan? butuh berapa juta?" Disitu aku masih gak percaya kalau bapakku mau bantu biaya umroh suamiku. Lah dari jaman sekolah-kuliah sampai nikah aja dia gak banyak berkontribusi kok, bahkan pas aku nikah beliau sama sekali gak bantu membiayayai. Mungkin ini yang namanya roda kehidupan, kadang dia di bawah, kadang dia di atas. Antara percaya gak percaya,  2 hari sejak telpon tersebut, uang untuk umroh suami sudah di transfer ke rekeningku.

Oke, satu masalah terselesaikan, ada masalah lain karena saat januari itu usia kandunganku sudah jalan 6 bulan. Nah, syarat minimal terbang luar negri adalah 8 bulan/32 minggu. Makanya aku berpikir harus cari travel umroh yang bisa berangkat paling mentok bulan Februari 2018. Akhirnya ketemulah salah satu travel umroh di Cirebon yang sedang promo dengan biaya 20,5 juta, dengan keberangkatan sebanyak 305 orang. Karena aku baru daftar januari pertengahan, bener aja untuk umroh dengan promo tersebut sudah penuh. Dengan berbagai cara aku meyakinkan kalau aku pengen banget ikut promo tersebut mengingat budget suami juga adanya segitu. Hal ini sempat bikin aku stress karena hampir aja batal berangkat karena proses nya cukup berbelit-belit. Ada deh hampir 2 minggu aku bolak-balik Cirebon sampai ninggal kerjaan. Hampir tiap malam aku nangis karena galau jadi berangkat atau gak, tapi aku diingatkan oleh teman "kalau mau berkunjung ke rumah Allah memang banyak cobaanya". Coba kalau pas waktu itu aku berpikiran untuk menyerah, mungkin Allah bakal ngeijabah doaku gak jadi berangkat umroh. 

Tapi emang Allah itu punya jalannya, ternyata ada 2 orang yang membatalkan keberangkatan dikarenakan tahun kemarin pernah umroh. Sampai mas-mas travelnya bilang "ibu doanya apa kok bisa pas ada 2 orang yang gagalin?". Doanya karena galau tiap malam nangis ngadu ke Allah hehehe. Akhirnya dengan segala lika-liku, aku dan suami fix berangkat umroh pada tanggal 21 Februari 2018 dengan usia kandungan 27 week.
Fiuhh...lumayan panjang ya ceritanya? nanti aku share di part 2 tentang bagaimana rasanya umroh saat hamil usia 7 bulan.














07.15

Review : Avoskin Miraculous Refining Toner x Beautiesquad

by , in
Halo semuanya~
Gak kerasa bulan kedua di tahun ini hampir berakhir, bagaiamana resolusi awal tahun kalian? apakah ada yang sudah tercapai? Nah kali ini aku akan membahas produk yang aku dapatkan kerjasama dengan Beautiesquad dan lagi cukup booming di dunia per-skincare-an di Indonesia. Apalagi kalau bukan produk terbaru dari Avoskin, yang salah satunya yaitu Avoskin Miraculous Refining Toner. Brand yang mengusung tema "The Miracle for Skin" ini kayaknya gak habis-habisnya bikin kejutan untuk pecinta skincare di Indonesia. Aku sendiri cukup puas mencoba 2 produk Avoskin sebelumnya yaitu Avoskin Day Cream & Avoskin Intensive Nousrishing Eye Cream.
Nama : Avoskin Miraculous Refining Toner
Produsen : Avo Innovation & Technology, Yogyakarta
Netto : 100 ml
Harga : Rp.169.000,-
Produk ini menjadi produk exfoliating toner lokal pertama di Indonesia lho, aku cukup bangga mengingat perkembangan dunia makeup & skincare di Indonesia berkembang dengan pesat.
Avoskin Miraculous Refining Toner punya keunggulan mengandung AHA, BHA & PHA, bahasa gampangnya adalah mereka itu trio Acid yang membantu untuk mempercepat proses exfoliasi kulit sehingga lapisan kulit lama di wajah akan lebih mudah terangkat. Selain itu juga mengandung Niacinamide, 2% Tea Tree, Witch Hazel, Aloe Vera dan Raspberry. Beberapa kandungan di atas punya kelebihan masing-masing seperti Niacinamide yang dapat mencerahkan kulit wajah, Tea Tree yang bisa digunakan untuk mengobati jerawat, serta kandungan Witch Hazel yang bisa merawat kondisi kulit dan membantu mengecilkan pori-pori. Wih lengkap juga ya kandungan di Avoskin Miraculous Refining Toner ini!
Di kemas dalam botol plastik berukuran 100 ml dengan nuansa kecoklatan, produk ini jadi paling berbeda sendiri dari semua kemasan Avoskin yang biasanya bernuansa cerah. Pemilihan kemasan bernuansa gelap ini juga sebenarnya ada alasannya, karena produk skincare berbahan acid akan lebih rentan rusak apabila terlalu lama terpapar sinar matahari, maka dari itu dipilihlah kemasan bernuansa gelap.
Keterangan pada kemasan Avoskin Miraculous Refining Toner, disini juga dijelaskan bahwa produk ini dapat meningkatkan sensitivitas kulit sehingga diwajibkan menggunakan sunscreen apabila terpapar sinar matahari.
Ingredients :
Water, Glycerin, Glycolic Acid, Butylene Glycol, Propylene Glycol, Gluconolactone, Melaleuca Alternifolia (Tea Tree) Leaf Extract, Hamamelis Virginiana (Witch Hazel) Leaf Extract, Niacinamide, Chamomilla Recutita (Matricaria) Flower Extract, Rubus Idaeus (Raspberry) Fruit Extract, Citrus Limon (Lemon) Fruit Extract, Salicylic Acid, Acer Saccharum (Sugar Maple) Extract, Portulaca Oleracea Extract, Aloe Barbadensis Leaf Juice, Amylopectin, Dextrin, Xanthan Gum, Tetrasodium EDTA, Sodium Hydroxymethylglycinate, Polyglutamic Acid.
Bagian ujung botolnya sendiri ada pengamannya, sehingga menjaga isinya tidak mudah bocor. Wah, jarang-jarang lho produk skincare lokal memikirkan hal simpel ini, apalagi kalau produknya akan kita bawa untuk traveling.  
Tekstur Avoskin Miraculous Refining Toner ini cair dan punya aroma seperti obat, tapi tenang aromanya tidak menggangu dan akan hilang setelah diaplikasin. Hal ini wajar mengingat tidak ada kandungan pewangi dalam Avoskin Miraculous Refining Toner.
Aku sendiri menggunakanya dengan cara di teteskan ke kapas, baru di usapkan secara merata ke wajah. Berdasarkan pengalamanku yang dulu pernah mencoba produk exfoliting toner dari Korea, kulit wajahku cukup sensitif apabila menggunakanya setiap hari. Maka dari itu untuk produk Avoskin Miraculous Refining Toner hanya aku gunakan seminggu 3 kali, itupun aku gunakan hanya saat malam hari. 
Sebelum jauh membahas hasil produk ini diwajahku, aku akan menjelaskan tentang kondisiku yang saat ini sedang berbadan 2. Nah, karena produk ini merupakan chemical exfoliating dan mengandung kandungan AHA, BHA dan PHA, tentunya mejadi keraguan tersendiri saat akan aku gunakan. Untungnya untuk kandungan di Avoskin Miraculous Refining Toner yaitu 1% BHA (Saliycilic Acid), 5%  AHA (Glycolic Acid), untuk kandungan tersebut setelah aku baca-baca masih cukup kecil dan cukup aman digunakan untuk ibu hamil.
Di kutip dari https://www.paulaschoice-eu.com :
  • "Salicylic acid (BHA) is a superior exfoliant for skin but when used in high concentrations for professional peels it is considered a risk when you are pregnant. However, the small percentages used in skin care (2% or lower) are considered safe. You can also consider using glycolic acid or lactic acid (AHA) exfoliants as an alternative during your pregnancy."
Tapi ingat, sekali lagi lebih baik berkonsultasi dengan dokter kandungan kalian sebelum menggunakan produk apapun, termasuk produk skincare ya!
Aku sendiri menggunakan kira-kira 4 minggu berturut-turut dan bisa kalian lihat hasilnya di foto di bawah ini.
  • Untuk minggu pertama, aku merasakan sensasi clekit-clekit terutama pada bagian lipatan hidung dan dagu, dimana bagian wajah tersebut sering banget timbul jerawat. Hasil nya wajahku masih terasa biasa saja dan belum memperlihatakn perubahan apapun.
  • Untuk minggu kedua, timbul beberapa whitehead di daguku, yang biasanya jadi tanda awal muncul jerawat. Tapi anehnya, setelah meggunakan Avoskin Miraculous Refining Toner, calon jerawat itu kempes dengan sendirinya. Oh ya dan juga pada bagian hidungku, komedo mulai bermunculan dan naik ke permukaan kulit. 
  • Untuk minggu ketiga, calon jerawat tadi sudah kempes dan hanya meninggalkan noda saja, untuk bagian hidung masih terlihat beberapa komeda matang yang siap-siap untuk di eksekusi. Disini aku merasa kulitku terlihat lebih cerah, walaupun di foto terlihat biasa-biasa saja, noda bekas jerawat juga perlahan-lahan mulai menghilang.
  • Untuk minggu ke empat, wajahku lebih terlihat cerah dari minggu sebelumnya. Komedo juga mulai hilang karena sering aku peel off juga. Calon jerawat di dagu juga perlahan-lahan mulai kempes dan noda nya mulai menghilang.
Selain itu, karena penasaran aku juga mencoba Avoskin Miraculous Refining Toner di wajah suamiku yang lebih banyak memiliki noda hitam dan pori-pori besar. Mengingat hari gini skincare itu bisa digunakan gak cuma wanita aja lho (colek mas Danang Wisnu). Karena kulit wajah suamiku cukup "badak", jadi dia menggunakan setiap hari pada malam hari. Progressnya di wajah dia pun lebih terlihat dibandingkan dengan wajahku. Pori-pori mulai mengecil dan beberapa noda hitam mulai pudar. Sayangnya ya, namanya laki-laki, kalau siang dia suka skip pakai sunscreen, walhasil perubahan diwajahnya gak terlalu drastis.
Overall, Avoskin Miraculous Refining Toner ini merupakan produk yang oke banget untuk dicoba karena menjadi produk exfoliating toner pertama di Indonesia. Selain jenis toner, Avoskin juga menggeluarkan versi serumnya dengan kandungan AHA & BHA yang lebih tinggi. Mungkin kedepannya kalau masa hamilku selesai aku akan mencoba versi serumnya yang katanya sih lebih nampol lagi hasilnya.  
Produk ini juga dijual bundling dengan harga Rp.388.000
Semua produk Avoskin bisa kalian dapatkan di situs resminya di www.avoskinbeauty.com atau kalian bisa juga kunjungi Avostore di kota terdekat. Sayangnya untuk avostore di wilayahku belum ada, ayo dong  Avoskin bikin store di Cirebon hehehe.
situs resmi : www.avoskinbeauty.com











16.37

Nyobain Althea Makeup Box

by , in
Halo semuanya~
Kayaknya gak bakal habis bahas produk dari Althea karena hampir ditiap bulan mereka ngeluarin produk baru. Salah satunya yang aku cobain ini adalah seri Makeup Box yang terdiri dari beberapa produk makeup. Gak usah berlama-lama, langsung aja aku bahas ya!

Althea Skin Relief Spot Film Gel
Rp.65.000
Awal aku terima produk ini aku agak binggung, apakah ini obat jerawat atau apa? akhirnya aku paham kalau produk ini adalah skin barrier yang melindungi kulit bermasalah dari makeup. Contonhnya, ada jerawat yang meradang, nah tinggal di totol gel ini maka jerawat kita terlindungi dari makeup. 
Gel nya sendiri berbentuk gel bening dan kalau diratakan akan mirip sensasi masker peel off. Kalau ingin ditimpa makeup, maka harus menunggu beberapa mneit dulu sampai kering, baru deh boleh ditimpa makeup diatasnya. Aku haus sedikit belajar sih karena pas awal aplikasi agak susah, tapi lama-lama akan terbiasa hehehe.

BCL x Althea Sunrise & Moorise Eye Palette
Rp.490.000

Produk berikutnya adalah palet eyeshadow kerjasama antara Althea & Bunga Citra Lestari. Produk ini yang sangat aku tunggu-tunggu dan gak sabar buat dicobain. 
Palettnya sendiri terbuat dari bahan plastik glossy yang kualitasnya bagus, bahkan dibagian tutup menggunakan magnet sehingga menjaga lebih aman priduknya.
Terdiri dari 8 warna eyesahdow yang terdiri 1 warna matte, 5 warna shimmer dan 2 warna glitter. Pilohan warnanya sendiri cukup berani karena ada warna bold seperti merah, ungu dan salem. 

Untuk beberapa warna seperti warna mattenya agak kurang pigmented dan juga warna shimmer mudanya cenderung fallout. Tapi untuk warna bold seperti merah, ungu dan coklat keemasan jangan ditanya bagaimana pigmentednya, aku aja sampe kaget. Apalagi utnuk warna ungunya, ketika di swatch ternyata hasilnya malah menjadi maroon keunguan, ajaib sih!
Untuk harganya memng gak bisa dibilang murah, tapi secara kemasan dan kualitas sih sesuai dengan harganya.

Althea Flawless Creamy Concealer 
Rp.56.000
Produk berikutnya adalah 4 warna concealer dari Althea, mulai dari warna terang sampai ke sawo matang. Kemasannya sendiri mungil dan enak dibawa kemana-mana. Sesaui namanya, tekstur concealernya sendiri creamy dan mudah dibaurkan. Untuk coveragenya standart, kalau mau lebih maksimal lagi hasilnya bisa 2 kali aplikasi.
Terdapat segel untuk melindungi produk sampai ke konsumen. Oh ya ke 4 warna itu yaitu 01 Vanilla, 02 Ginger, 03 Honey dan 04 Mocha. Untuk swatch warnanya kalian bisa lihat di video yang ada di bagian akhir post ini ya.

Althea Spotlight Eye Glitter
Rp.84.000
Produk berikutnya adalah produk wajib buat artis Kpop, kenapa? kalau kalian perhatikan pasti mata artis Kpop bling-bling gitu. Nah aplikasi makeup itu bisa didapatkan dengan banuan eye glitter.
 Althea sendiri baru menggeluarkan 2 warna yaitu 01 Gold Light dan 02 Pink Light
Saat di tube, untuk warna 01 terlihat warnanya silver, tapi begitu diaplikasin hasil akhirnya ada partikel glitter keemasan. Sedangkan untuk warna 02 hasilnya warna pink shimmer cantik (favoritku!). Oh ya untuk aplikasinya harus agak hati-hatiya karena kalau terlalu dekat dengan mata ada sensasi sedikit pedas, sepertinya karena efek lemnya.

Althea Watercolor Cream Tint
Rp.71.000
Produk terkahir yang aku coba adalah produk lip tint ekslusif dari Althea. adaa 4 warna yang cukup vibrant, jadi harus hati-hati banget pakainya. Hasil akhirnya juga gak bikin kering dan memberi stain di bibur. Teksturnya sendiri cenderung cair dan mudah diratakan, dan aromanya nyegerin banget ala buah-buah gitu.
swatch di tangan
Dari kiri ke kanan : 01 Plum Cream, 02 Strawberry Cream, 03 Peach Cream, 04 Maroon Cream.
Kalau lagi buru-buru banget dan binggung pakai lipstik apa, aku suka pakai warna 04 Marron Cream, hasilnya awet seharian lho! Cuma ya itu, harus hati-hati banget pakaianya kalau gak malah jatuhnya menor, cukup kalian pakai sedikit ditengah bibir lalu sisanya diratakan dengan cara mentap-tap bibir atau bisa juga dengan bantuan jari.
Kalian bisa lihat hasil aku nyobain full produknya di videoku ini, jangan lupa like & subscribe ya ^^
Kira-kira produk apa yang pengen cepet-cepet kalian cobain? kalau aku sih menyarankan kalian harus cobain concealer dan tint nya karea worthed banget untuk dicoba!














14.20

Umroh Story : Penambahan 3 kata nama di pasport

by , in

Assalamualikum semuanya~
Alhamdullilah gak kerasa sebentar lagi aku & suami akan menjalankan ibadah Umroh. Buat yang belum tahu, aku memenangkan hadiah umroh dari acara Roadshow Final Aishaderm di Yogya bulan mei 2018 (cerita lengkapnya bisa dibaca di sini). Rasanya masih kayak mimpi, karena cita-citaku untuk bisa keluar negeri bisa tercapai, apalagi dalam rangka mengunjungi rumah Allah. Dan yang lebih bahagia lagi, aku berangkat umroh ditemani suami plus dede bayi di perut! Bener deh, Allah ngasih hadiah gak kira-kira, walau memang awalnya agak ribet disana-sini, akhirnya semuanya lancar asal sabar. Untuk postingan soal umroh saat hamil akan aku bahas di post terpisah, ditunggu ya ^^

Kali ini aku akan membahas tentang penambahan nama di pasport bagi setiap orang yang mau mengunjungi negara Arab, baik yang mau ibadah Umroh ataupun Haji. Syarat utama dalah memiliki nama dengan 3 kata, bukan 3 suku kata ya. Kenapa? karena dikhawatirkan disana akan ada nama yang sama kalau hanya memiliki 1 atau 2 kata saja, dan juga untuk menghindari namanya tertukar atau hal-hal yang tidak diinginkan.

Kalau aku sendiri tidak ada masalah karena namaku sudah 3 kata, sedangkan yang jadi masalah adalah nama suamiku yang hanya 2 kata saja. Kalau aku sendiri malah dari belum lahir sudah direncanakan 3 kata, kata bapakku biar gak susah kalau mau keluar negeri hahaha. Nah pengurusannya gak sesusah seperti pembuatan pasport, malah terhitung cepat dan gratis. Untuk penambahan nama di pasport biasa di sebut dengan endorsement, dan jalur pelayannya juga berbeda dengan pelayanan pembuatan pasport.

Oh ya, sebelum ke Imgirasi, beberapa hal yang perlu disiapkan adalah surat rekomendasi dari pihak Travel yang dibuat untuk Kemenang di daerah kalian berasal. Harus ke Kemenang dulu adalah menghindari namanya penipuan travel agen yang akan digunakan, biasanya pihak Kemenang daerah sudah punya list travel agen apa saja yang terpercaya. Surat rekomendasi dari Kemenang bisa di urus sehari dan cukup cepat, jadi gak perlu khawatir akan ribet. Jadi urutannya : Travel - Kemenang - Kantor Imigrasi - Travel. Setelah surat rekomendasi Kemenang sudah ditangan, kita  bisa langsung proses ke Kantor Imigrasi.
Untuk kantor imigrasi yang aku datangi adalah Kantor Imigrasi Kelas II Cirebon yang berlokasi di Jl. Sultan Ageng Tirtayasa No.51, Kedawung, Cirebon. Dari yang aku baca, pengurusan endorsement itu cepat jadi sengaja aku datang setelah makan siang sehingga gak bercampur dengan antrian pembuatan pasport. Apalagi aku juga sedikit binggung karena di Cirebon, untuk semua jenis layannya harus mendaftar via WA dulu, sedangkan saat aku mendaftar via WA eh malah ditolak karena penuh. Jadi itungannya aku nekat aja berangkat ke kantor Imigrasi, kalau di tolak ya nanti aku serahkan saja ke travel umrohnya.
Ternyata saat aku datang, petugasnya tidak menanyakan nomer antrian WA dan langsung saja mengarahkanku ke bagian Layanan Informasi. Di situ sudah lumayan sepi karena antrian pembuatan pasport sudah senggang. Kemudian kami menyampaikan maksud kedatangan kami untuk melakukan penambahan nama di pasport. Nah untuk penambahan nama di pasport yang dibutuhkan adalah :
  • Paspor asli 
  • Fotokopi paspor halaman depan & belakang dibuat 1 lembar (waktu itu aku pakai hasil scan)
  • Fotokopi KTP 1 lembar bolak-balik, tidak perlu di gunting
  • Fotokopi Kartu Keluarga
  • Surat rekomendasi Kemenag daerah masing-masing
  • Akta lahir/Ijazah asli untuk di tunjukan sebagai rujukan penambahan nama, disini suamiku menggunakan nama ayahnya sebagai nama tambahan
Setelah menyerahkan semua data, kemudian kami mendapat 2 buah formulir, yaitu Formulir Surat Perjalanan Republik Indonesia untuk Warga Negara Indonesia dan Formulir Penambahan Nama. Keduanya perlu di isi dengan data yang jelas dan benar. 
Suami saat mengisi data, serius amat kayak lagi ujian....
Setelah data terisi semua, kita langsung kebagian loket-loket yang tersedia, kebetulan karena sudah siang jadi suasana cukup sepi dan langsung dilayani tanpa perlu mengambil kartu urutan. 
Di sini suami ditanya-tanya sedikit apa keperluannya dan apakah sudah benar data penambahan namanya. Prosesnya juga cepat tidak sampai 10 menit. Setelah selesai wawancara, data-data seperti Akta/KTP/Ijazah asli bisa kita ambil kembali, yang ditinggal cukup pasportnya saja. Nanti kita akan dapat 1 lembar kertas untuk pengambilan pasport apabila sudah jadi, prosesnya 1 hari kerja dan sudah bisa diambil keesokan harinya.
Oh ya, sekarang di Kantor Imigrasi Cirebon juga tersedia drink corner, lumayan buat yang nunggu bisa ngopi atau ngeteh dulu.
Berhubung besoknya aku cukup sibuk, akhirnya aku mengambil pasport lusa kemudian, untuk mengambil pasport bisa langsung ke loket Pengambilan Pasport dengan menujukan kertas pengambilan. Gak makan waktu 5 menit karena mengantri dengan yang lain, pasport dengan penambahan nama sudah ditangan. Proses berikutnya kita fotocopy pasport bagian yang ada penambahan nama, lalu kita serahkan lagi ke loket Pengambilan Pasport, dan selesai!
Untuk penambahan nama sendiri tidak tecantum di halaman pertama, melainkan di halaman ke 4 yang ada keterangan Penambahan Nama. Sengaja aku blur ya namanya, buat privasi dan data diri hehehe.
Ternyata prosesnya cukup simpel asalkan semua syarat terpenuhi, dan tentunya gratis asal mau urus sendiri. Yang aku lihat, kebanyakan orang-orang gak mau ambil pusing dengan hal-hal seperti ini, jadi terima beres saja di travel agennya. Padahal aku denger lumayan lho biaya jasa mereka, bisa buat beli kuaci segebog hahaha. 
Oke mungkin itu dulu yang bisa aku share tentang proses penambahan nama di pasport, semoga bisa menjawab pertanyaan kalian semua terutama yang mau melaksanakan ibadah Umroh maupun Haji.





Post Top Ad

My Instagram