Assalamualaikum semuanya~
Di akhir tahun ini, aku berkesempatan mendapatkan project bareng Clozette Indonesia dengan line terbaru Wardah yaitu seri Hydra Rose. Sebagai pengamat brand lokal, Wardah ini mengerti banget sama keinginan pasar, terutama yang tertarik sama kandungan serba mawar, seperti aku ini. Makanya aku happy banget bisa mencoba seri Hydra Rose dari Wardah ini. Oh ya, seri Hydra Rose ini diluncurkan juga saat memperingati 25th Anniversary Wardah lho!


Untuk Wardah seri Hydra Rose sendiri terdiri dari 5 produk yaitu :
  • Wardah Hydra Rose gel to foam cleanser
  • Wardah Hydra Rose micro gel serum
  • Wardah Hydra Rose dewy aqua night gel
  • Wardah Hydra Rose moisture night gel
  • Wardah Hydra Rose petal infused toner
Keunggulan dari seri Hydra Rose adalah kandungan utamanya yaitu Avalanche Rose Oil dan 72 Hours Hydrating Active. Untuk Avalanche Rose oil ini diambil dari ekstrak Mawar Avalanche yang dikultivasi secara sustainable di Eropa untuk menghasilkan kelopak bunga terbaik yang dapat mengunci hidrasi, melembapkan, dan menenangkan kulit.
Sedangkan untuk 72 Hours Hydrating Active ini fungsinya dapat menghidrasi kulit selama 72 jam dan memperkuat skin barrier sehingga kulit wajah tidak mudah rusak dan kusam.

Kebetulan aku sudah mencoba 4 produknya, selain Wardah Hydra Rose petal infused toner. Nah ini masuk ke minggu kedua ku mencoba semua produknya, gimana kira-kira hasilnya di wajahku? baca terus ya.

Nama : Wardah Hydra Rose Gel to Foam Cleanser
Produsen : PT Paragon Technology and Innovation
Netto : 100 ml
Harga : Rp.31.500



Dikemas dalam kemasan tube dengan nunasa pink dan dengan isi yang cukup banyak yaitu 100 ml. Untukproduk facial washnya ini punya tekstur gel bening dan dengan aroma khas mawar. Saat digunakan di wajah, busanya tidak terlalu banyak. Kalau digunakan untuk sehari-hari sih sudah cukup oke, tapi kalau untuk membersihkan sisa makeup yang tebal menurutku masih kurang efektif, alangkah baiknya sebelum mencuci muka, kita bisa membersihkan sisa makeup menggunakan Wardah Micellar Water. Untungnya saat dibilas, hasilnya di kulitku sangat lembap dan tiodak ada sensasi ketarik sama sekali, sesuai dengan claimnya 72 Hours Hydrating Active.


Nama : Wardah Hydra Rose Micro Gel Serum
Produsen : PT Paragon Technology and Innovation
Netto : 30 ml
Harga : Rp.115.000



Produk berikutnya yang aku coba adalah Wardah Hydra Rose Micro Gel Serum. Di kemas dalam kemasan tube dengan pump dengan nuansa rose gold yang cantik. Untuk serumnya sendiri mengandung partikel hydramoist micro gel yang akan melebur ke dalam lapisan kulit. 


Teksturnya cukup cair sehingga sangat mudah diratakan ke wajah dan tidak meninggalkan rasa lengket. Serum ini biasanya aku pakai sesaat setelah mencuci muka, sehingga berfungsi maksimal untuk mengunci kelembapan kulit lebih maksimal.

Nama : Wardah Hydra Rose Dewy Aqua Day Gel
Produsen : PT Paragon Technology and Innovation
Netto : 40 gr
Harga : Rp.110.000


Nah lanjut ke produk yang aku suka banget dari seluruh rangkaian seri Hydra Rose yaitu Wardah Hydra Rose Dewy Aqua Day Gel. Sesuai namanya, produk ini adalah moisturiser dengan tekstur gel yang bisa digunakan saat pagi hari. Dikemas dalam kemasan jar berbahan kaca dan dengan nuansa rose gold yang kelihatan feminin dan kelihatan mewah.

Keterangan pada kemasan


Wardah Hydra Rose Dewy Aqua Gel sendiri mengandung 72 Hours Hydrating Active dan Rose Oil yang kaya akan antioksidan mengidrasi dan melembapkan kulit. Dengan Bio-Hyaluronic Acid (Bio-HA) melapisi kulit sehingga terlindungi dari radikal bebas. Oh ya, terdapat spatula sehingga memudahkan kita saat mengambil isi didalamnya.


Teksturnya yang gel membuatnya ringan dan watery saat dipalikasikan dan tetap lembap setelah beraktifitas seharian. Aromanya sendiri masih sama dengan produk Hydra Rose lain yaitu aroma mawar yang calm.


Bisa dilihat sekilas setelah aku mengaplikasikan Wardah Hydra Rose Dewy Aqua Gel, kulitku terlihat moist, plumpy dan segar banget. Apalagi kalau diaplikasikan setelah menggunakan Wardah Hydra Rose Micro Gel Serum, jadi makin mengunci kelembapan di lapisan kulit terdalam.


Nah selain Wardah Hydra Rose Dewy Aqua Day Gel yang bisa digunakan sebagai pelembap di pagi hari, Wardah juga menggeluarkan Wardah Moisture Rich Night Gel. Kebetulan bentuk jar nya sama persis dengan yang Dewy Aqua Gel, yang membedakan adalah cetakan tulisannya. Kalau Wardah Hydra Rose Dewy Aqua Day Gel berwarna hitam, sedangkan Wardah Moisture Rich Night Gel menggunakan warna putih sebagai keterangan tulisannya, jangan sampai ketuker ya hehehe.


Yang membedakan lagi adalah bagian tutup lid nya, untuk yang Wardah Hydra Rose Dewy Aqua Day Gel berwarna putih, sedangkan Wardah Moisture Rich Night Gel berwarna pink.


Dalam setiap kemasan juga  terdapat spatula yang terpisah.


Perbedaan tekstur dari kedua produk di atas, untuk Wardah Hydra Rose Dewy Aqua Day Gel memiliki tekstur yang lebih ringan dan lebih mudah meresap sehingga sangat cocok dipakai untuk beraktifitas seharian tanpa meninggalakn rasa lengket. Sedangkan Wardah Moisture Rich Night Gel yang memiliki kandungan Stress Relief Agent untuk melawan efek stres dari lingkungan yang terakumulasi seharian dengan meningkatkan kemampuan lapisan kulit dalam menjaga hidrasi. Serta mengandung Active Penetration Booster (Lecigel) yang berfungsi membantu bahan aktif masuk ke dalam lapisan kulit lebih banyak sehingga memberikan efek yang lebih optimal.




Overall, produk Wardah Hydra Rose series ini cocok untuk kalian yang memang mencari produk yang fungsinya melembapkan dan juga mencari produk yang kaya akan antioksidan sehingga mencegah penuaan dini. Dengan kemasan yang cantik dan tentunya kandungan Avalanche Rose oil yang kaya akan benefit, maka kalian gak boleh melewatkan Wardah Hydra Rose series. Apalagi seri Hydra Rose ini sudah tersedia baik di e-commerce dan toko kosmetik sekitar kalian. Yuk tinggalkan komen untuk yang masih penasaran sama Wardah Hydra Rose series ^^


Assalamualikum semuanya~
Gak kerasa kita sudah dipenghujung tahun 2020, tahun yang lumayan melelahkan buat kita semua. Eits, walau begitu, wajah harus tetap dirawat ya. Kali ini aku nyobain produk skincare dari Korea yaitu SNP. Kalau dengar brand SNP, aku langsung teringat sheet mask bentuk lucu-lucu gitu yang booming beberapa tahun yang lalu, hayo pada inget gak? Nah sebelum bahas line skincare yang akan aku review, yuk kenalan dulu sama brand SNP. SNP, singkatan dari Shining Nature Purity, dibuat oleh SD Biotechnologies, salah satu perusahaan kecantikan dan perawatan kulit terkemuka di Asia. Nah SNP sendiri tahun ini meluncurkan rangkaian skincare baru dengan tagline SNP PREP dengan konsep "bring it back to basics" menggunakan komposisi utama HYALURONIC ACID dengan key active ingredients, seperti PEPTIDES, CENTELLA ASIATICA (CICA), dan VITAMINS. Produk yang aku review ini sudah resmi masuk ke Indonesia dan sudah berBPOM, jadi yakin deh aman dan terjamin kualitasnya .

SNP PREP CICARONIC
Untuk line Cicaronic, kandungan utama yang digunakan adalah Centella Asiatica/daun pegagan yang sudah terkenal untuk kecantikan. Kandungan yang terdapat pada daun pegagan yaitu bahan kimia yang dikenal dengan nama triterpenoid, senyawa ini bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka dengan cara meningkatkan kadar antioksidan, memperkuat jaringan kulit, dan meningkatkan suplai darah ke area yang terluka/infeksi. Makanya bahan yang lebih kita kenal dengan sebutan cica ini bagus banget untuk wajah yang sedang breakout dan berjerawat, kayak yang sedang aku alami saat ini.Seri Cicaronic ini juga mengandung Madecassoside dan Panthenol yang bermanfaat untuk meningkatkan anti-oksidan dan produksi kolagen di kulit, serta dapat melindungi kulit dari radiasi sinar UV.

Nama : SNP Prep Cicaronic Cleansing Foam
Produsen : SD Biotechnologies Co., Ltd, Korea
Netto : 180 ml
No BPOM : NA26201200551
Harga : Rp.180.000
Yang aku coba pertama adalah produk cleansing foamnya dari seri cicaronic. Dengan kemasan serba hijau benar-benar pas banget sama kandungan utamanya yaitu cica. Dengan kemasan yang cukup bulky karena isinya juga banyak, yaitu 180 ml. 
Ingredients :
Water, Myristic Acid, Glycerin, Potassium Hydroxide, Stearic Acid, Glyceryl Stearate, Palmitic Acid, Cocamidopropyl Betaine, Butylene Glycol, Sorbitol, Potassium Benzoate, Sodium Chloride, Polyquaternium-7, Disodium EDTA, Acrylates/C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Arachidic Acid, Lauric Acid, Melia Azadirachta Leaf Extract, Coptis Japonica Root Extract, Oleic Acid, Sodium Benzoate, Panthenol, Fragaria Vesca (Strawberry) Leaf Extract, Melia Azadirachta Flower Extract, Propanediul, Centella Asiatica Leaf Extract, Centella Asiatica Extract, Theobroma Cacao (Cocoa) Seed Extract, Dextrin, 1,2-Hexanediol, Anastatica Hierochuntica Extract, Sodium Hyaluronate, Hyaluronic Acid, Hydrolyzed Hyaluronic Acid, Ethylhexylglycerin, Madecassoside, Thymus Vulgaris (Thyme) Leaf Extract, Salvia Officinalis (Sage) Leaf Extract, Chamomilla Recutita (Matricaria) Flower Extract, Lavandula Angustifolia (Lavender) Flower Extract, Rosmarinus Officinalis (Rosemary) Leaf Extract, Origanum Majorana Leaf Extract, Melissa Officinalis Leaf Extract, Fragrance

Untuk keamanan, produkmya masih tersegel rapat, serta keterangan exp date terdapat di bagian ujung atas kemasan,
Tekstur cleansing foamnya sendiri cukup padat dan ada sedikit aroma yang menurutku enak banget, calm dan segar. tenang saja, aromanya akan hilang seiring waktu dan gak menyegat sama sekali. Saat diaplikasikan di wajah, foamnya juga nyaman dan gak kerasa "ketarik" setelah dibilas.


Nama : SNP Prep Cicaronic Toning Essence
Produsen : SD Biotechnologies Co., Ltd, Korea
Netto : 220 ml
No BPOM : NA26200100272
Harga : Rp.170.000

Setelah menggunakan facial foam, lalu aku melanjutkan step berikutnya yaitu menggunakan toner. Toner yang aku gunakan masih dari seri Cicaronic yaitu SNP Cicaronic Toning Essence yang masih mengandalkan kandungan utama yaitu Centella Asiatica. Dikemas dalam kemasan botol yang cukup bulky, dengan isi yang banyak banget yaitu 220 ml
Konsep toner ini adalah melembapkan atau biasa kita sebut sebagai hydrating toner. Untuk jenis hydrating toner sangat bagus digunakan setelah menggunakan facial foam. Fungsinya tentunya adalah menjaga kelembapan kulit terutama setelah mencuci muka, agar kulit wajah tidak terasa kering
Yang aku suka adalah dalam setiap kemasan botol ada quote, seperti pada kemasan toner ini tertulis "Toner that hydrates your skin". Tonernya sendiri bertekstur cair seperti air dan sangat ringan saat diaplikasikan ke wajah. Terdapat aroma yang sama persis dengan facial foamnya. 
Ingredients :
Water, Dipropylene Glycol, Butylene Glycol, Glycereth-26, 1,2-Hexanediol, Propanediol, Glycereth-25 CA Isostearate, Glycerin, Ethylhexylglycerin, Diphenyl Dimethicone, Triethylhexanoin, Ammonium Acryloyldimethyltaurate/VP Copolymer, Disodium EDTA, Fragrance, Sodium Hyaluronate, Biosaccharide Gum-1, Polyglyceryl-10 Oleate, Hydrogenated Lecithin, Hyaluronic Acid, Hydrolyzed Hyaluronic Acid, Panthenol, Fragaria Vesca (Strawberry) Leaf Extract, Centella Asiatica Leaf Extract, Centella Asiatica Extract, Thymus Vulgaris (Thyme) Leaf Extract, Salvia Officinalis (Sage) Leaf Extract, Origanum Majorana Leaf Extract, Rosmarinus Officinalis (Rosemary) Leaf Extract, Melissa Officinalis Leaf Extract, Chamomilla Recutita (Matricaria) Flower Extract, Lavandula Angustifolia (Lavender) Flower Extract, Madecassoside

SNP PREP PEPTARONIC
Seri berikutnya yaitu Peptaronic yang punya keunggulan menggunakan 5 lapis hyaluronic acid yang fungsinya memberikan kelembapan, yaitu : Sodium Hyaluronate, Sodium Hyaluronate Crosspolymer, Hydrolyzed Hyaluronic Acid, Hyaluronic Acid, Hydrolyzed Sodium Hyaluronate dan 6 jenis peptide yang berfungsi merevitalisasi kulit, jenisnya :Hexapeptide-11, Hexapeptide-9, Palmitoyl Pentapeptide-4, Palmitoyl Tripeptide-1, Tripeptide, Copper Tripeptide
Nama : SNP Prep Peptaronic Serum
Produsen : SD Biotechnologies Co., Ltd, Korea
Netto : 220 ml
No BPOM : NA26190105913
Harga : Rp.160.000
Biasanya sih aku punya serum dengan kemasan yang munggil, nah serum SNP ini beda cerita kemasaanya besar banget 220 ml! Apalagi seri Peptaronic ini punya warna serba pink yang bikin gemes banget!
Sama dengan toner Cicaronic, di kemasan Peptronic Serum ini ada quotenya yang simpel "Serum to hydrate your face and neck". Memang sesuai fungsinya, serum ini gak cuma bisa digunakan untuk wajah, tapi bisa juga digunakan untuk leher, atau bagiann tubuh yang lain yang butuh kelembapan lebih.
Ingredients :
Water, Dipropylene Glycol, Glycerin, Niacinamide, 1,2-Hexanediol, Betaine, Carbomer, PEG-60 Hydrogenated Castor Oil, Arginine, Caprylyl Glycol, Hydroxyethylcellulose, Honey Extract, Centella Asiatica Extract, Hydroxyacetophenone, Xanthan Gum, Adenosine, Butylene Glycol, Fragrance, Disodium EDTA, Pentylene Glycol, Gardenia Florida Fruit Extract, Polyglyceryl-10 Laurate, Maltodextrin, Sodium Hyaluronate, Sodium hyaluronate Crosspolymer, Hydrolyzed Hyaluronic Acid, Hyaluronic Acid, Ethylhexylglycerin, Hydrolyzed Sodium Hyaluronate, Hexapeptide-9, Palmitoyl Pentapeptide-4, Palmitoyl Tripeptide-1, Tripeptide-1, Hexapeptide-11, Copper Tripeptide-1
Tekstur serumnya lebih ke gel dan mudah meresap ke wajah, Ada sedikit aroma pada serum ini, dan aromanya sendiri mengingatkanku sama aroma mawar yang segar. Tekstur gel juga membuat serumnya gampang diaplikasin dan gak meninggalkan rasa lengket.

SNP PREP VITARONIC
Produk terakhir yang aku coba yaitu seri terbaru yang masuk ke Indonesia dan akan launching tanggal 16 Desember nanti  dari SNP Prep yaitu seri Vitaronic. Keunggulan seri vitaronic ini mengandug green trifoliate orange yang menyimpan energi vita dan 3 lapisan Hyaluronic acid yang membantu mencerahkan dan mengembalikan tekstur yang tidak merata pada kulit wajah. Selain itu juga mengandung Niacinamide, Camu-camu extract dan Panthenol.
Nama : SNP Prep Vitaronic Gel Cream
Produsen : SD Biotechnologies Co., Ltd, Korea
Netto : 50 ml
No BPOM : NA26200100474
Harga : -
Untuk gel creamnya ini biasanya aku gunakan step terakhir yaitu sebagai pengganti pelembap. Dengan kemasan tube yang cukup simpel dengan ujung kemasan corong yang memudahkan kita menggeluarkan produk.
Tekstur nya seperti namanya yaitu gel dan ada aroma citrus yang cenderung manis. Karena berbentuk gel, maka sangat mudah diratakan ke permukaan kulit. Saat dipalikasikan pun gak terasa clekit mengingat kandungan utama gel cream ini vitamin dan niacinamide. 
Ingredients
Water, Glycerin, Butylene Glycol, Propanediol, 1,2-Hexaneidol, Niacinamide, C14-22 Alcohols, Vinyl Dimthicone, Hydrogenated Polydecene, Cetyl Ethylhexanoate, C12-20 Alkyl Glucoside, Glycereth-26, Panthenol, Cetearyl Alcohol, Carbomer, Tromethamine, Ammonium Acryloyldimethyltaurate/VP Copolymer, Fragrance, Coptis, Japonica Root Extract, Ethylhexylglycerin, Tricholoma Matsutake Extract, Hydrolyzed Cicer Seed Extract, Rhododendron Chrysanthum Leaf Extract, Disodium EDTA, Sodium Hyaluronate, Hyaluronic Acid, Hydrolyzed Hyaluronic Acid, Citrus Limon (Lemon) Fruit Extract, Glucose, Glyceryl Polyacrylate, Pncirus Trifoliata Fruit Extract, Rumex Crispus Root Extract, Hippophae Rhamnoides Extract, Myrciaria Dubia Fruit Extract, Ascorbic Acid

Setelah hampir 3 minggu aku rutin menggunakan semua rangkaian SNP Prep mulai dari seri Cicaronic, Peptronic dan Vitaronic, aku merasakan ada perubahan di wajahku. Memang saat ini kondisiku masih breakout teriutama dibagian dahi. Nah untungnya SNP Prep ini gak membuat wajahku semakin breakout. Malah yang kulihat ada beberapa noda bekas jerawat jadi lebih cepat pudar terutama di area pipi. 
Before-after setelah 3 minggu menggunakan rangkaian SNP Prep Cicaronic, Peptronic dan Vitaronic
Aku sendiri cukup happy soalnya sudah berbulan-bulan struggle sama bekas noda jerawat di area pipi yang susah pudar. Nah dengan telaten pakai rangkaian SNP Prep bisa kelihatan kalau ada perubahan yang cukup signifikan di wajahku. Tentunya habis ini aku bakal lanjutin pakai SNP Prep sampai semua noda bekas jerawatku hilang, so happy ^_^

Overall, rangakain SNP Prep ini bisa jadi alternatif untuk kalian yang masih nyiba-nyoba skincare dan pengen fokus pada 1 kandungan yang kalian inginkan. Misal seperti wajahku yang lagi breakout, maka pas banget nyibain rangakain Cicaronic karena kandungan centella asiatica yang bagus untuk mengurangi inflamasi dan meredakan jerawat. Atau kalian ingin mencoba skincare yang punya efek mnecerahkan, bisa juga mencoba rangkaian Vitaronic karena kandungan vitamin dan juga Niacinamide yang bisa mencerahkan wajah. Dan tentunya produk SNP ini sudah resmi masuk ke Indonesia dan sudah ada BPOMnya. Baut yang penasaran dan pengen banget nyobaion produk SNP kalian bisa langsung ke official shop di shoppe : https://shopee.co.id/snpofficialshop 
Kalian bisa mencari tahu info produk SNP lainnya di :

Gimana, kalian sudah tertarik dengan rangkaian SNP Prep? sharing dan komentar di bawah ya ^^


Assalamualaikum semua, bagaimana kabarnya?
Sejak hamil dulu, aku udah diingetin sama beberapa orang "jangan beli baby box, nanti gak kepake lama!". Hmmm padahal dari awal punya baby aku berpikiran untuk menidurkan bayi di baby box. Pertimbangan ku karena postur tubuh kita berdua (aku & suami) itu lebar yha. Kasur ukuran king size 180x200 aja kerasa sempit untuk berdua, apalagi kalau ditambah 1 orang lagi hehehe. Terus meniru gaya orang barat yang membuat bayinya lebih mandiri dengan tidur di baby box sendiri, sepertinya solusi yang bagus juga, walau hal itu terlihat "gak wajar" buat orang Indonesia.

Dalam rangka perburuan baby box, aku langsung ngincer yang berbahan kayu dan tanpa motif, karena biar awet lama dan gak "bayi" banget. Kalau bisa malah dipakai lama minimal sampe 3 tahunan biar gak PR lagi beli kasur. Dari sekian perburuan, sampailah dipilihanku pada baby box dari IKEA. Berhubung yang paling murah adalah seri Sniglar, walau sedikit melenceng dari keinginanku punya baby box warna putih.
Saat hamil 5 bulan, aku iseng main ke IKEA. Udah survei lihat-lihat si sniglar ini yang harga normalnya Rp.1.400.000, lumayan mahal yha untuk ukuran box bayi. Tapi emang dasar udah rejeki kali ya, saat aku mampir ke bagian diskon dan sisa display, ehhh nangkring cantik si box bayi 1 ini. Keterangan nya sih sisa display dan gak bisa dibongkar. Karena sisa displqay, harganya diskon jadi Rp.700.000 alias setengahnya. Tapi nih niat ambil terhalang sama duit cekak, alamat gak bisa balik ke Indramayu lah! Udah nangis-nangis karena kasur idaman gak bisa dibawa pulang, eh ada temen baik bisa minjemin uang dadakan. Cuss lah langsung angkut dengan kondisi sudah terpasang.

Selesai urusan baby box, masih mikir kasurnya, karena memang tidak dijual bersamaan. Untung aja di Cirebon Nemu kasur yang ukuranya pas yaitu 120x60 cm. Karena wajarnya baby box di Indonesia 120x70. Udah deh bisa tenang punya kasur idaman.

Berhubung mikir lagi, kayaknya repot ya kalau modelnya baby taruh didalam box?  gimana kalau bangun tengah malam terus nangis minta nen? Akhirnya Nemu lag solusi yaitu dengan teknik co-sleeping. Yaitu menyatukan kasur orang tua dengan box bayi tanpa ada perbedaan level tinggi kasur. Tapi, berhubung IKEA Sniglar ini tidak didesai untuk co sleeping, walhasil mesti utak-atik sedikit dengan penambahan sana situ. Niatnya juga pasang bed sheet buat pengaman kasur, tapi baca-baca lagi ternyata malah bahaya dan bisa menyebabkan SIDS. Jadilah boxnya polosan tanpa hiasan, cuma kasur aku tumpuk lagi sama portable kasur yang dapat hadiah saat lahiran, biar kelihatan nya serba pinky gitu.
Taraa~ jadilah begini penampakan IKEA Sniglar yang aku taruh pas disebelah kasurku. Nah pada bagian depan jeruji nya ada yang tidak aku pasang, lalu bagian bawah aku ikat dengan kasur. Dan bagian sambungan antara kasur dengan box aku ganjal dengan guling bayi. Walau terkadang memang suka agak ada "gap" terutama kalau kasurnya ketarik, solusinya harus sering rapiin si guling dan mendorong kasur biar nempel lagi sama box bayi. Begitu baby  Calla launching, tanpa ba-bi-bu langsung deh aku taruh di baby box IKEA Sniglar ini.

Nah, setelah 1 tahun lebih menerapkan teknik co-sleeping, ada beberapa manfaat yang aku rasakan :
1. Kualitas tidur aku & suami sangat bagus, karena kita sering banget ngerasa kurang deep sleep karena was-was takut nindihin Calla
2. Proses nenenin saat kebangun malam sangat gampang, aku gak perlu bangun dari kasur, cukup berguling kesamping aja.
3. Calla punya tempat  mainan sendiri, jadi taruh boneka dan bantal kesukaanya dan dia bakal mainan sendiri.
4. Bisa buat latihan berdiri juga, jadi Calla ngerambat di salur nya terus latihan berdiri.
5. Gak khawatir ganggu Calla kalau mau bikin adek, kan guncangan kasur nya gak ngerambat :-p
Bisa juga dikombinasikan sama kasur yang ada kelambunya, takut kalau digigit nyamuk.
Yang paling aku rasakan manfaat utama adalah, ortu gak was-was dan tidurnya berkualitas! Bener deh, ada waktunya Calla itu gak mau tidur di baby boxnya. Walhasil kita ngalah dong Calla tidur di tengah, dan saat bangun pagi, badan kami berdua pegel terutama bagian leher. Saat aku cari tau, ternyata kita gak bener-bener deep sleep karena parno nindihin Calla.
Tapi nih, ada aja orang yang komentar soal teknik co-sleeping yang lagi-lagi "gak wajar" buat orang Indonesia, yang wajar buat orang sini adalah bayi itu tidur 1 kasur sama ortunya. Ada yang bilang awas jatuh lah, kasian sendirian lah, dll. Tapi aku sih cuek aja, toh bukan mereka yang tidur 1 kasur sama Calla tiap malemnya.

Nah rencana dirumah baru nanti, Calla mau aku coba tidur sendiri di kamarnya dengan modifikasi Sniglar ini aku turunin level ketinggiannya, sehingga bisa jadi kasur sendiri. Tapi ini masih wacana, karena sepertinya Calla masih betah tidur sama papah-mamahnya denga posisi seperti sekarang. Mungkin nanti ketika dia sudah mulai besar dan belajar mandiri. Karena sejatinya nanti Calla harus bisa mandiri dan tidak bergantung sama orang tua sepenuhnya.

Sampai saat ini Calla usia 19 bulan, co-sleeping masih aku terapkan dan tentunya Calla masih betah juiga. Mungkin itu sedikit yang bisa aku sharing mengenai tidur ala co-sleeping, kalau ada yang mau share pengalaman kalian, silahkan tinggalakn komentar di bawah ya ^^