Kota Tahu : Sumedang yang kini makin buricak burinong #writingthon jelajajahi sumedang

Assalamualikum semuanya~
Kalau ingat tahu, pasti ingetnya kota Sumedang ya?? sejak kecil aku sering sekali melihat penjaja makanan dipinggir jalan yang menjual penganan dengan suaranya yang khas :

"tarahuuu...tarahuu...kacanggg...kacanggg...mezoonn....mezzooonn"
Aku sendiri cukup sering mengunjungi Kota Sumedang, lebih tepatnya lewat apabila ingin mengunjungi Bandung via Sumedang. Dan yang selalu aku ingat adalah jalan berkelak_kelok apalagi kalau bukan Cadas Pangeran. Letaknya yang berbatasan dengan kota yang aku tinggali sekarang yaitu Indramayu, membuatku sering melewati kota kecil nan syahdu ini. Dan benar saja, setiap melewati Sumedang, tak lupa aku selalu mengunjungi resto tahu legenda yaitu Tahu Palasari. Tahu hangat yang baru digoreng, plus sambal tauconya yang slurrpppp bikin napsu makan semakin meningkat. Ah jadi kangen Tahu Palasari kan!
Tahu Palasari, tahu legenda di Sumedang. Tahu hangat plus sambal tauconya bikin gak tahan.

Berhubung aku hanya melewatinya, lama-lama aku semakin penasaran dengan pesona kota yang diapit oleh 4 kabupaten ini, yaitu dari utara diapit oleh Indramayu, dari timur diapit Majalengka, dari barat diapit Bandung dan Subang, dan dari selatan diapit oleh Garut. Kontur tanahnya yang pegunungan dan hawanya yang masih asri juga membuat Sumedang mempunyai pesona sendiri.
Kalau ngomong potensi alam di Sumedang, kayaknya gak bakal habis deh. Ada wisata alam seperti Kampoeng Ciherang, Kampung Toga, Mata Air Cikadung, Puncak damar Jatigede dan masih banyak lagi! Salah satunya Sumedang juga memiliki waduk yang cukup besar yaitu waduk Jatigede. Waduk terbesar kedua se-Asia Tenggara ini selain berfungsi sebagai tempat penampungan air, juga berfungsi sebagai PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air). Selain itu, ada pula kawasan wisata disekitar Waduk Jatigede yaitu Kampung Buricak Burinong. Kampung yang dicat berwarna-warni, membuat kawasan Waduk Jatigede makin cantik!

Dua kampus ternama di Sumedang, IPDN & Unpad

Seiring perkembangan zaman, kini Sumedang banyak diisi oleh pemuda-pemudi yang semakin kreatif. Apalagi kalau kita tau, wilayah Sumedang yang berbatasan dengan Bandung memiliki 2 kampus yang sangat bergengsi, IPDN dan Unpad yang terletak di wilayah Jatinangor, Kab. Sumedang. Salah satunya yang berdampak adalah menciptakan tempat-tempat berkumpul alias cafe yang hits buat sekedar nongkrong dan bercengkrama. Para insan kreatif di Sumedang ini mencoba menghidupkan suasana Sumedang agar lebih modern dan mampu mengikuti arus perkembangan zaman. Nah untuk itu aku ada beberapa rekomendasi cafe hits yang ada di Sumedang :
Hej House 
Kafe yang terletak di Jl, Anggrek no. 97 Sumedang ini gak cuma untuk tempat makan aja lho. Disini juga sering mengadakan pameran dan live music yang diisi insan-insan kreatif di Sumedang dan sekitarnya. Ambience yang dibuat adalah industrian look yang modern dan simpel. Untuk menu andalan adalah kopi dan makanan khas Indonesia seperti ayam taliwang. 

SPOT ON Cafe & Carwash
Bergeser ke sebelah pas Hej House, ada Spot On cafe & carwash yang mengandalkan wisata selfie dan makan. Dengan dihias payung warna-warni, membuat cafe ini jadi pas banget buat muda-mudi yang pengen berselfie-ria, plus langsung upload deh ke Instagram!

Plumeria Cafe
Bergeser sedikit ke daerah Jatinangor, cafe hits satu ini sangat instagramable. Selain menyajikan berbagai menu lokal & western, suasananya yang mencampurkan unsur moder dan alam bakal bikin betah berlama-lama disini. Apalagi kalau buat selebgram, bisa sambil foto endorse nih di cafe hits satu ini.
Selain tempat cafe hits, aspek penunjang lainnya untuk wisatawan datang ke Sumedang adalah faktor penginapan. Terdapat beberapa hotel yang bisa mengakomodasi istirahat setelah seharian lelah berkeliling di kota tahu ini.
Hotel Asri Sumedang
Terletak dalam satu kawasan dengan mall Plaza Asia di tengah-tengah kota Sumedang, Hotel Asri mengakomodir para wisatawan untuk sekedar beristirahat atau staycation. Suasana yang tenang walau di tengah kota membuat Hotel Asri ini banyak diminati wisatawan. Fasilitasnya juga lengkap, mulai dari ballroom, swiming pool, fitness center dll.
Toga Camping Park
Buat yang pengen ngerasain camping di alam terbuka, tapi males harus mendirikan tenda, solusinya coba menginap di Toga Camping Park. Kalau bahasa kekiniannya sih, disebut dengan glamping alias glamour camping. Terletak di kawasan Kampung Toga, kota bisa menikmati pemandangan alam Sumedang, menikmati bermain air dan bahkan bisa mengikuti aktivitas outdoor paralayang, lengkap banget kan!
Untuk yang berencana ke kawasan Jatinangor, gak perlu pusing-pusing cari penginapan. terdapat beberapa hotel budget, salah satunya RedDoorz near Jatinangor Town Square. Hotel budget yang lengkap dengan swiming pool ini bisa jadi pilihan untuk yang mau sekedar beristirahat setelah mendatangi event spesial seperti wisuda.
Sumedang kini bukan lagi kota kecil yang hanya terkenal dengan tahu dan Cadas Pangeran, kota ini kini menjelma menjadi kota cantik dengan berbagai pesonanya. Bahkan kini sudah ada Bis Wisata Tampomas yang bisa memfasilitasi kita berkeliling kota Sumedang.
Apalagi kedepannya Pemerintah Sumedang sudah merencanakan mempercantik kotanya, salah satunya jantung kota Alun-alun Kota Sumedang yang akan dilengkapi dengan berbagai fasilotas seperti taman terbuka, wifi, perpustakaan dan berbagai fasilitas keren lainnya. Yiuk sama-sama kita dukung agar Sumedang semakin cantik dan modern.
Tulisan ini ditulis untuk mengikuti kontes Writingthon Jelajahi Sumedang










0 comments