Tips mengawasi tontonan anak yang baik (with Cooca SMART TV)

Siapa yang hari gini masih suka nonton TV?
Sebagai orang Indonesia kayaknya kegiatan menonton tv itu sudah mendarah daging ya. Waktu kecil dan sampai aku sebelum menikah, ibuku punya hobi menggunakan TV sebagai alarm agar anak-anaknya bangun. Setiap jam 5 pagi, tv di ruang tengah sudah menyala dan distel dengan volume sekencang-kencangnya. Apa yang ditonton saat itu? tak lain tak bukan acara Mamah Dedeh dong!
"Curhat dong mahhhh"

Beranjak dewasa dan kini sudah berkeluarga, ternyata kebutuhan akan TV rasanya kayak suatu kewajiban. Berhubung aku baru dikasih keturunan anak pertamaku Calla Lily Permata, keinginanku adalah membatasi penggunaan TV. Terutama karena tontonan siaran lokal dari tahun ke tahun makin mengkhawatirkan. Nah beberapa tips yang aku gunakan agar aku dan keluargaku agar nyaman menonton TV :

Letakan TV pada posisi yang tepat

Dengan meletakan TV sesuai jarak yang tepat, membuat mata tidak mudah lelah dan nyaman untuk menonton. Jangan lupa perhatikan ukuran layar TV dengan jarak pandangnya ya agar mendapatkan hasil menonton yang optimal. Jangan lupa atur keterangan ruangan & sirkulasi udara agar tidak terasa sumpek.

Atur lama durasi menonton TV
Hendaknya kita mengatur durasi menonton TV, terutama untuk anak-anak dibawah 5 tahun. Selain bisa mengakibatkan ganguan pada mata, anak jadi lebih mudah emosi dan tantrum. Cukup 1-2 jam sehari saja, berikan anak kita durasi menonton TV. 
Beralih ke SMART TV
Kenapa perlu beralih ke smart TV? karena dengan menggunakan smart TV kita bisa menonton konten yang lebih berkualitas. Salah satu fitur yang paling keren dari smart TV adalah kita bisa menonton Youtube tanpa perlu repot-repot dari gadget. Apalagi jaman sekarang, banyak video yang modelnya clickbait sehingga kita perlu pengawasan lebih dalam memilih tontonan untuk anak kita.

Tapi kan SMART TV mahal??

Eits kata siapa? sekarang gak perlu pusing karena di Indonesia ada brand TV murah tapi gak murahan lho, yap gak lain gak bukan COOCAA. Skyworth Group sebagai pemilik brand Coocaa yang berasal  dari Tiongkok ini memiliki pengalaman 10 tahun berada di Indonesia. Selain itu pabrik Cooca yang terletak di Cikarang memiliki poengalaman 24 tahun membuat TV berstandarisasi Jepang. Dengan pabrik yang berada di Indonesia, membuat pelayanan servis dan logistik lebih baik dan terjamin. Coocaa pas banget menjadi rekomendasi TV LED terjangkau di Indonesia.
Coocaa ini juga merupakan partner resmi TV di SEA Games 2019, bertepatan juga meluncurkan beberapa varian lini produk yaitu TB Series, Android TV Series, Smart TV Series, Karaoke & Digital TV Series
Aku sendiri sudah hampir 5 tahun menggunakan TV LED COOCAA 32inc dan gak pernah menyesal. Dengan harga yang terjangkau dan kualitas layar HD yang bening, membuat kulitas menonton menjadi lebih menyenangkan. Banyak fitur tambahan yang oke banget untuk kisaran harga dibawah 2juta. 
Berhubung sekarang zamannya udah SMART TV, makanya aku naksir berat sama 2 produk COOCAA terbaru yang kedua sudah punya fitur smart TV, yaitu seri TB5000 & UB7500. 

Coocaa UB7500
Salah satu seri andalan dari Cooca yaitu seri UB7500 yang sudah mengadopsi teknologi Android TV 9.0. Dengan ukuran layar yang besar 50" tapi gak membuat gambar kabur karena resolusinya sudah 4K UHD 3840x2160.
Serunya nih, buat orang jaman sekarang, nonton TV gak cuma nonton TV aja, kita bisa pilih mau menoton tayangan dari Youtube atau Netflix. Apalagi dengan remote khusus yang bisa akses fitur-fitur tersebut tanpa perlu ribet pencet banyak tombol dengan bantuan Google Assistant
Selain itu Coocaa sudah mengimputkan Dolby Audio & DTS TruSurrond untuk pengalaman menoton seperti di bioskop.
Port yang lengkap terdiri dari HDMI 2.0 2 buah, HDMI 1.4, USB 3.0, USB 2.0, LAN dan RCA membuat Cooca UB7500 bisa mengakomodir semua kebutuhan kita.

Cooca TB5000
 
Produk berikutnya adalah Smart TV Coocaa TB5000 yang memiliki ukuran layar lebih kecil yaitu 40". Eits walau lebih kecil, tapi teknologi layarnya sudah 2K FHD 1980x1020 dan desain yang Infinty Screen. 
 Sumber : Youtube K2Gadget
Seri ini juga memiliki akses langsung ke Youtube dan Netflix dengan tombol khusus di remote. Dan juga sudah ada Google Assistant buat yang males ngetik-ngetik buat nyari video di Youtube kayak aku ini hehehe.

Untuk seri TB5000 portnya terdiri dari HDMI 1.4, USB 2.0 2 buah, LAN dan RCA.

Tapi di kotaku kan gak ada yang jual Coocaa kak?



Nah kalau hal ini, kalian gak perlu pusing-pusing kok. Cooca punya Flagship Store yang ada di Lazada Indonesia. Apalagi sering banget tuh diskon besar-besaran kayak seri Coocaa Model 50S6G dari harga normal Rp.8.999.000 diskon 49% jadi cuma Rp.4.599.000 aja!!




Nah tunggu apalagi, aku sebagai pengguna TV Coocaa aja gak nyesel karena harganya yang terjangkau tapi kualitas gak murahan. Apalagi kalau sampai berkesempatan bisa memiliki Smart TV 50", puas banget deh buat nonton bersama anakku. Yuk semuanya cobain produk dari Coocaa!


0 comments