Post Top Ad

Mimpi jadi nyata di Final Aishaderm Beautycamp 2018

Assalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatu
Mungkin sebagian dari pembaca blog ini sudah tahu kalau aku memenangkan hadiah utama yaitu Umroh dari Aishaderm. Yup, mimpi yang kayaknya buatku "gak mungkin" beneran kejadian nyata. Aku sampai sering nangis sendiri kalau ingat momen pas namaku di sebut, dalam hati aku selalu berpikir "kok bisa ya???"
Kalau ada yang belum tahu, hampir 4 tahun belakangan aku getol banget ikut kompetisi yang berhadiah jalan-jalan keluar negeri. Terutama negara yang bener-bener pengen aku kunjungi yaitu Korea dan Jepang. Bisa kalian lihat semua postingannya di blog competition, selain itu aku juga getol ikutan quiz di Instagram seperti post ini dan juga ini, pokoknya kalau denger hadiahnya keluar negeri? langsung aku jabanin!

Alasannya simpel, seumur hidup aku belum pernah keluar negeri, bahkan naik pesawat aja belum pernah. Mengingat latar belakang keluargaku yang cukup "runyam", jadi impian bisa plesir keluar negeri itu seperti impian yang cuma ada di awang-awang. Kesannya kalau aku bermimpi keluar negeri itu, orang disekitarku selalu ngomong "alah gak mungkin, jangan ngimpi, duit dari mana?"

Mungkin aku mau flashback ke awal terciptanya blog ini.

Lahir dari keluarga ekonomi yang cukup pas-pas an, apalagi sejak usiaku remaja, ibuku memilih menjadi single parent. Masih inget banget, saat lulus SMK dan aku mengutarakan pengen bisa kuliah, aku harus mohon-mohon nangis ke ibuku agar impianku bisa dikabulkan. Alhamdullilah saat itu Allah mendengar doaku sehingga aku lolos PMDK UNS dengan program beasiswa Bidikmisi. 1 goal dalam hidupku tercapai, bisa kuliah tanpa membebankan biaya ke ibuku.

Seiring berjalannya waktu aku mengenal pria yang kini jadi suamiku, dialah yang mengenalkan dunia blogging ke hidupku. Saat itu masih trend banget bikin blog yang bisa dapat fee dari Google Adsense. Aku memang tertarik uangnya yang mengiurkan, siapa sih yang gak cinta uang? Tapi aku bingung mau ke arah mana niche blogku berjalan. Karena aku suka beauty dan mainan makeup, akhirnya aku memutuskan membuat blog dengan tema kecantikan. Salah satu pencetus aku berani membuat blog adalah beberapa blogger senior kayak mbak Arum dari RacunWarnaWarni, Stella Lee, Duo sister dari My Lovely Sister, Shelviana Handoko dari XiaoVee dan blogger senior lainnya. Rasanya tahun-tahun itu iklim blogger sangat membangun, kami saling tukar komen, saling sharing tanpa ada sikut-sikutan mengejar popularitas.
Gini-gini pernah ketemu blogger famous mbak Arum

Oh ya ngomongin dari mana sih duitnya bisa bikin beauty blog, pasti modalnya banyak ya? Kalau boleh jujur dulu modal blogku itu dari uang beasiswa hehehe. Awal cair, aku beliin kamera sebagai modal utama, sisanya kalau uang beasiswa cair bukannya buat beli buku malah beli makeup (maafkeun). Tapi itulah yang membuatku senang, bisa membeli makeup tapi juga bisa sharing diblogku tanpa takut di cemooh orang. My blog its my rules. Lama-lama, beberapa brand akhirnya sadar akan eksistensiku, akhirnya beberapa kali aku sering menerima produk sponsor, kadang malah ada juga yang memberikan fee (yes!).
Gathering with Bandung Beauty Blogger

Aku pun juga gak puas kalau blogku hanya berjalan gitu-gitu aja, beberapa kali aku ikut gathering di luar kota dengan modal pribadi karena pengen banget bertemu dengan rekan sesama blogger yang cuma aku temui di dunia maya selama ini. Kadang, ada rasa minder, takut menyapa duluan, karena blogger di kota besar juga memiliki pembaca yang banyak pula, isitilahnya "lebih famous". Apalagi aku orangnya cukup takut approch duluan ke blogger lain, takutnya berkesan SKSD. Makanya aku selalu menyiapkan sedikit souvenir yang sering aku bagikan ke teman-teman, gunanya adalah utnuk bisa membuka pembicaraan.
Style Korean Gathering with Sunny Dahye

Seiring berjalannya waktu, ada kalanya blog ini gak bertema kecantikan saja, salah satunya ya itu tadi, isinya tulisan untuk mengikuti kontes. Dan biasanya yang aku ikuti lebih spesifik yang berhadiah keluar negeri. Tapi di pikiranku gak pernah sekalipun ikut lomba yang berhadiah Umroh. Karena metalku belum siap, aku belum berani. Apalagi baru awal tahun ini aku baru bikin pasport, itupun nyisihin uang dari gajian guru honorer yang gak seberapa.
Awal ikut acara Aishaderm kira-kira akhir bulan Februari, kak Sari dari KotakMedia menghubungiku via DM Instagram. Dia menawarkan ikut gatehring di Cirebon dengan para selebgram, blogger dan vlogger. Aku happy banget dong! 3 tahun tinggal disini akhirnya ada event beauty buat blogger. Aku mengajak temanku sesama beauty blogger dari Indramayu Lintang buat ikutan dan pas banget hari itu dia berulang tahun. Pokoknya dihari tersebut aku positive thinking saja ikutan acara Aishaderm tanpa mengharap apa-apa selain have fun.

Beberapa bulan kemudian tepatnya akhir bulan April aku dikabari menjadi salah satu dari 3 orang yang lanjut ke babak Final di Yogyakarta. Sebenarnya agak galau mengingat jadwal acaranya bertepatan dengan jadwal study banding sekolah ke Semarang. Akhirnya aku mengambil keputusan untuk pulang duluan, dan sebelum pulang aku pun berniat untuk sekalian memperbaiki gigiku. Yup, aku gak pede ikutan acara yang isinya selebgram tapi dengan kondisi gigiku yang patah :-(

Suamiku akhirnya berkorban nyusul ke Semarang dan akhirnya kami tambal gigi disalah satu klinik yang cukup "mahal". Sialnya pas itu laptopku juga bermasalah dan sudah dipastikan mati total. Solusi terbaik dari suamiku adalah aku harus nyari laptop baru, entah gak tau duit dari mana, pokoknya makasih banyak suamiku. Sampai Indramayu jam 8 malam dan keesokan paginya jam 5 aku mengejar kereta ke Yogyakarta, sisanya kalian bisa lihat di vlogku.

Kalau boleh jujur, aku agak jiper bertemu teman-teman selebgram lain dari seluruh Indonesia, terutama yang cantik-cantik banget kayak dewi turun dari kahyangan. Makanya aku banyak diem dan takut ngobrol karena beneran binggung mau ngobrol dari mana. Aku cuma nempel sama room matte dan temenku dari Cirebon dan juga group Semarang. Jadi maafkan ya yang kemarin mungkin gak banyak ngobrol sama aku, bukannya sombong apa gimana, tapi aku takut salah ngomong :-(
Kembali lagi ke detik-detik pengumuman pemenang, aku awalnya sudah hopeless. Karena kalau lihat kriterianya, maka akan di ambil 1 dari blogger, 1 dari vlogger dan 1 dari selebgram. Pas pengumuman pertama yang berhasil mendapatkan hadiah Umroh adalah Rara dari Febtarinar.com yang notabene adalah blogger. Makanya pas begitu nama dia diumumin, aku udah ikhlas aja, apalagi di kiri dan kanan ku duduk  adalah vlogger. 
Begitu namaku disebut, aku udah gak tau mikir apa, otakku blank dan beneran gak tau mau ngapain selain sujud syukur. Kayak menang itu berasa ini bener gak sih? bener gak sih? Umroh gitu lho! Bertahun-tahun ikut kontes ke luar negeri gak menang, ini malah menang Umroh. Sepersekian detik otakku harus nyerna momen itu, makanya pas di video yang viral itu aku beneran gemeter karena ya memang gemeteran!
Aku bersyukur banget dengan hadiah Umroh yang diberikan ini bener-bener merubah pribadiku. Aku yang awalnya suka ibadah telat, jarang baca Al Quran, jarang sholat sunnah, seikit demi sedikit mulai memperbaiki diri. Aku juga percaya rencana Allah itu beneran ada, seolah-olah kayak bicara "udah nih, kamu ikut kontes sana-sini, nih aku pilihin yang paling bagus". 

Aku juga berharap buat yang diluar sana masih berjuang dengan segala keterbatasannya, jangan menyerah. Keterbatasan itu bisa menjadi pemicu untuk kita selalu maju. Jangan mudah menyerah, kalau menyerah, mungkin dari dulu blog ini sudah aku angurin hehehe. Buat yang baru mulai berjuang, boleh lah nyontoh blog ini, dari tahun 2012 ikut kontes sana sini, akhirnya butuh 6 tahun untuk bisa mencapai apa yang aku impikan, apalagi sampai viral masuk Indozone hehehe.

Sekali lagi aku ucapkan banyak terima kasih untuk pihak Aishaderm, Bapak Wahyu Karna Dijaya, tim KotakMedia, seluruh juri Ayudia Bing Slamet, Bernad Batubara dan Bunda Farah Diana Djamil dan tentunya semua finalis Hijrah Bersama Aishaderm. Tanpa kalian 3 hariku gak bakal berwarna, gak ada namanya lembur sampai jam 2 pagi, gak ada namanya nyerbu kue di lobby hotel, gak ada namanya heboh dance Kpop d Malioboro, gak ada namanya rebutan foto sama Ayudia Bing Slamet. Semoga kelak kita dipertemukan lagi di acara yang lebih seru lagi

Aishaderm..
KOSMETIK SAHABAT MUSLIMAH











Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

My Instagram