Batik, warisan budaya Indonesia yang mendunia (BT Batik Trusmi Blog Competition)

Assalamualaikum semuanya~
Sebagai seseorang yang lahir dan besar di bumi tercinta Indonesia, keseharianku tidak pernah terlepas dari adat & budayanya. Salah satu yang selalu melekat adalah penggunaan batik dalam aktivitas sehari-hari. Hal kecil yan menjadi tradisi adalah ketika seseorang baru lahir langsung di bedong dengan kain jarik, yaitu sejenis kain batik dengan bentuk kain memanjang. Bahkan waktu aku lahir langsung dibedong dengan kain jarik. Tidak cuma orang Indonesia saja yang pernah menggunakan batik, artis internasional seperti Jessica Alba, Lily Collins bahkan sampai Paris Hilton pernah menggunakan batik Indonesia dalam berbagai event.
Batik sendiri sudah disahkan UNESCO sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2009, sehingga setiap tanggal 2 Oktober kita memperingatinya sebagai Hari Batik Nasional. Sebagai warga negara yang baik, kita tentunya harus melestarikan warisan budaya tersebut, hei, gak mau kan batik diklaim oleh negara sebelah :-)
Motif batik di Indonesia sendiri sangat beraneka ragam, mulai dari batik khas Pekalongan, Solo, Yogyakarta sampai batik khas Pantura yang mewakili berbagai pesona Indonesia Kebetulan saat ini domisilku di daerah Pantura dan batik di pantura tentunya berbeda jenis dan motif. Yang menjadi ciri khas batik pantura adalah motifnya yang banyak mengadopsi bentuk-bentuk khas seperti macam-macam hasil laut dan mega mendung.
Untungnya aku tidak perlu jauh-jauh kalau ingin mencari batik karena kini sudah ada pusat perbelanjaan batik modern yaitu BT Batik Trusmi yang terletak di Jl. Trusmi Kulon No.148, Weru Lor, Plered, Cirebon, Jawa Barat 45154. 
Dengan luas kurang lebih 1,5 hektar menjadikan BT Batik Trusmi menjadi toko batik terluas di Indonesia. BT Batik Trusmi sendiri menjadi tempat Wisata Cirebon dan sekitarnya untuk berbelanja berbagai kebutuhan batik karena mengadopsi one stop shopping, jadi dalamnya tidak hanya menjual pakaian batik, melainkan juga souvenir bahkan sampai oleh-oleh khas Cirebon dan sekitarnya. 
Berbagai macam pilihan batik mulai kain sampai pakaian jadi untuk pria, wanita dan anak-anak semua ada disini. Terdapat juga berbagai pilihan jenis kain batik, mulai dari katun, dobby, sampai sutra juga tersedia disini.
Disini juga tersedia pilihan batik premium dengan kualitas dan bahan yang sangat indah, semoga aku bisa memilki salah satu koleksi batik premium dari BT Batik Trusmi.
Yang aku pegang kali ini macam-macam motif batik mega mendung, dengan ciri khas motifnya seperti awan dengan berbagai warna yang cerah. Filosofi batik mega mendung sendiri menggambarkan bentuk awan merupakan gambaran dunia luas, bebas serta melambangkan pembawa hujan yang dinanti-nantikan sebagai pembawa kesuburan dan pemberi kehidupan. Motif mega mendung juga terlihat pada Kereta Jempana yaitu kereta permaisuri Sultan Kanoman yang terdapat di Keraton Kanoman Cirebon.
Selain menyediakan berbagai macam pilihan batik, tersedia juga berbagai macam oleh-oleh khas Cirebon dan sekitarnya. Jangan lupa kalau ke Cirebon membeli Siwang alias terasi bawang yang enak banget dimakan dengan nasi hangat. 
 Ada juga bermacam-macam souvenir yang bisa menjadi oleh-oleh untuk teman dan saudara, kalau aku sih pasti gak jauh-jauh dari namanya berburu tas hehehe. 
 
Di sini juga bisa jadi spot foto instagramable terutama dibagian display kain batik yang cantik-antik dibelakangku ini, duh jadi pengen ngoleksi!
Setelah lelah berbelanja, kini saatnya memuasakan isi perut. Gak perlu jauh-jauh karena masih dalam 1 komplek BT Batik Trusmi juga ada restoran Batik Kitchen. Lokasinya sendiri persis berada di sebrang pintu keluar Batik Trusmi.
Konsep restorannya sendiri seperti namanya yaitu memiliki konsep batik, mulai dari display, meja sampai lantai memiliki corak batik.
Disini aku memesan makanan khas Cirebon seperti tahu gejrot dan wedang tape. Aku puas sekali karena rasanya sesuai dengan ekpetasiku dan harganya cukup terjangkau.
Setelah puas & kenyang, kini saatnya pulang dan unboxing hasil belanjaanku di BT Batik Trusmi!
Nah ini dia hasil belanjaanku di BT Batik Trusmi, aku puas sekali karena selain kualitasnya yang bagus juga harganya yang terjangkau.
Blus dengan motif mega mendung khas batik Cirebon yang bisa digunakan untuk acara formil ataupun santai. Warnanya perpaduan warna gelap dan cerah membuat motif mega mendung terlihat kebih kontras.
Kemudian aku membeli 3 kain dengan motif yang sama namun dengan warna yang berbeda. Kenapa aku membeli kain? karena menurutku kain itu lebih mudah untuk dibentuk ataupun dijadikan menjadi baju. Kain batiknya sendiri memiliki motif bunga yang cantik sehingga bisa digunakan sebagai bawahan ataupun bolero.
Begitulah kira-kira pengalamanku menikmati pengalaman belanja batik di BT Batik Trusmi. Apalagi batik saat ini memiliki jenis yang beragam dan bisa digunakan untuk kesempatan apapaun. Makanya sebagai generasi milenial sepertiku, rasanya sayang banget kalau sampai melupakan batik sebagai warisan budaya Indonesia. Jadi, jangan lupa ya tanggal 2 Oktober nanti kita sama-sama menggunakan batik untuk menunjukan kita bangga sebagai warga Indonesia. Plus, belanja batiknya jangan lupa di BT Batik Trusmi Cirebon ya, BT Always Batik!













0 comments:

Posting Komentar